Cara Benar Atasi Android Tidak Dapat Restart, Tidak Mau Start !

Cara Benar Atasi Android Tidak Bisa Restart, Tidak Mau Start ! 

 perangkat Android bootloop, mati total, atau secara tiba-tiba tidak sanggup restart. seringkali terjadi dan dialami para pengguna Android. Masalah ini kerap menciptakan panik, dan putus asa.

Bagaimana cara mengatasi perangkat Android bootloop, atau mati total ?. Cara mengatasi Android bootloop paling sederhana dan gampang yakni mengembalikan ke“setelan pabrik” atau“ Factory Reset “melalui Recovery Mode.Buat Anda yang belum tahu Factory Reset, perlu saya jelaskan, bahwa Factory Reset yakni mengembalikan setelan perangkat Android pada kondisi awal, ibarat ketika pertama kali beli, alias setelan eksklusif dari pabrik.


Umumnya hampir setiap permasalahan pada HPdan tablet Android sanggup diatasi dengan melaksanakan langkah Factory Reset. Namun, Tahukah anda?. langkah ini sanggup berdampak pada kehilangan data-data penting yang telah anda install sebelumnya, sehingga perlu melaksanakan install ulang. Sebaiknya, lakukan Factory Reset sebagai pilihan terakhir, jikalau semua alternatif solusi sudah anda lakukan dan belum berhasil.

Jika yakin, tidak ada solusi dan cara untuk mengatasi android boot loop, mati total, atau tidak sanggup start, maka Anda sanggup melaksanakan langkah “Factory Reset” melalui  “recovery mode”.

Recovery Mode yakni sajian pilihan yang sanggup dipakai untuk memperbaiki kerusakan software pada perangkat Android. Tidak semua HP/tablet Android tersedia sajian tersebut, maka (Baca juga cara instal CWM recovery tanpa PC) bisa memakai buatan milik pihak lain, ibarat Clockword Mod Recovery atau xRecovery.


 Apa fungsi mempunyai Recovery Mode?. Jika Smartphone Android, tablet Android Anda mengalami problem ibarat berikut :


1.Jika tablet/HP Android tidak sanggup start atau berhenti dan hingga di logo saja (biasa disebut bootloop Android). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, contohnya akhir ada aplikasi yang error, sanggup juga lantaran gres saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan type android (dalam banyak kasus, sehabis mengganti font pada sistem android).


2.Dalam masalah perangkat Android sanggup dihidupkan, tapi tidak mau merespon input dari pengguna, contohnya layar Android tidak sanggup disentuh atau tidak sanggup masuk ke sajian android.


3.Bila Anda lupa PIN, Password, pola (pattern) sehingga anda melaksanakan percobaan yang melebihi batas untuk uji coba pada pengunci perangkat Android sehingga menyebabkan Anda tidak sanggup masuk ke menu.


4.Kerusakan-kerusakan pada software Android lainnya.


Cara Mengatasi Android bootloop, mati total, tidak mau start .Dilalukan dengan Cara melaksanakan factory reset  melalui recovery mode secara ringkas sanggup dijalankan dengan dua langkah berikut.

Tahap 1: Masuk ke recovery mode

Masuk ke sajian recovery mode Android, matikan dulu perangkat Android anda >> tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) > selanjutnya masuk ke dalam recovery mode.
Catatan : Cara masuk recovery mode pada perangkat android (tombol yang harus ditekan)bisa berbeda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya.Tampilan Recovery mode hanya berupa goresan pena saja. Dalam sajian recovery mode,  biasanya Anda tidak sanggup memakai touch screen, atau tidak berfungsi. Untuk keperluan navigasi naik dan turun, Anda sanggup memakai tombol volume atau tombol atas
Setelah berada pada sajian recovery mode, pilihlah fitur“Wipe Data / Factory Reset”selanjutnya restart perangkat android Anda.Tidak semua android mempunyai recovery mode untuk itu baca cara instal recovery mode


Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset

Untuk memudahkan Anda, berikut saya berikan pola cara melaksanakan factory reset pada handphone Android Samsung Galaxy Young:

1.Sebaiknya daya baterai masih cukup untuk proses (minimal 70%)


2.Matikan perangkat android

3.Tekan secara bersamaan dan tahan beberapa detik tombol Volume Up+ tombol HOME+ tombol Power > selanjutnya masuk ke sajian recovery mode Android. 




Pada beberapa tipe android juga berbeda untuk masuk ke dalam factory mode, anda sanggup mencoba memakai tombol volume up/bawah + tombol power secara bersamaan.


4.Gunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga sempurna berada di goresan pena “Factory reset / wipe data”


5.Tekan tombol HOME untuk memulai proses > tunggu sesaat, dan harap sabar ketika proses berlangsung


6.Reboot perangkat android


Jika Anda mengalami boot loop pada perangkat Android, demikian juga jikalau Anda lupa akan password atau pengunci pola perangkat Android, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke recovery mode > lakukan Factory Reset / Wipe data. 


Untuk masuk ke dalam sajian Recovery Mode, hanya sanggup dilakukan pada kondisi handphone mati (off) Pada problem HP Android Bootloop, jikalau factory resetternya tidak sanggup mengatasi problem boot loop atau Android tetap tidak sanggup masuk ke menu, maka solusi yang biasa dilakukan yakni dengan cara melaksanakan flash firmware, atau install ulang sistem operasi android.



Demikianlah klarifikasi perihal Cara Benar Atasi Android Tidak Bisa Restart, Tidak Mau Start !. biar membantu memecahkan problem yang sedang Anda hadapi.