Lakukan Aktivitas Ini Agar Anak Betah #DiRumahAja

Sejak mewabahnya virus Corona (Covid 19), banyak anjuran dari Pemerintah yang harus ditaati demi mencegah penyebaran virus yang semakin parah. Salah satu himbauan yang harus dilakukan adalah dengan beraktivitas di rumah saja. Bahkan Pemerintah tidak segan melakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Selain berdampak pada perkembangan industri, nyatanya aturan dari Pemerintah ini juga berdampak pada anak-anak. Dimana hari-hari yang biasanya mereka lakukan dengan bersekolah, bermain, atau beraktivitas diluar ruangan. Kini untuk sementara waktu semua aktivitas diluar ruangan atau yang melibatkan perkumpulan sosial harus dihentikan. Selain itu, Pemerintah juga menerapkan sistem belajar di rumah dari beberapa bulan lalu.

Meskipun di awal sempat disambut baik oleh anak-anak karena mereka bisa menikmati libur panjang. Namun mengingat pandemi Covid 19 yang tak kunjung membaik, maka Pemerintah terus memperpanjang libur sekolah dan memberlakukan untuk tetap belajar di rumah. Hal ini tentu terasa membosankan terutama untuk anak-anak yang terbiasa menikmati waktu libur mereka dengan berjalan-jalan, pergi ke tempat wisata, atau bahkan ke luar negeri.

Sejak pandemi Corona berlangsung, aktivitas anak jadi sangat terbatas. Mungkin hari-hari mereka hanya diisi dengan belajar, bermain gadget, nonton tv, atau hanya berdiam diri di rumah saja. Agar anak-anak tidak merasa bosan dan tetap betah di rumah, lakukan beberapa aktivitas ini agar anak tetap betah #DiRumahAja:

1.     Sering Lakukan Kegiatan Bersama Anak

Rutinitas dan kesibukan para orang tua terkadang membuat hubungan antara anak dengan orang tua menjadi jauh. Namun, sejak diberlakukan WFH atau Work for Home yang biasanya Anda sulit mencari waktu untuk menemati aktivitas anak. Kini bisa dimanfaatkan para orang tua untuk bisa lebih dekat dengan anak-anak mereka.

Bila sebelumnya banyak waktu yang terbuang akibat rutinitas pekerjaan yang terlalu padat. Kini bisa Anda gunakan untuk menghabiskan waktu bersama mereka. Anda bisa tetap bekerja sambil menemani mereka bermain atau dengan menciptakan hal-hal baru yang membuat anak jadi lebih betah di rumah. Ajaklah mereka untuk melakukan kegiatan bersama atau hanya sekedar bermain saja.

2.     Siap Menjadi Guru di Rumah Untuk Mereka

Sejak diberlakukannya masa libur panjang dan tetap belajar di rumah, maka para orang tua harus siap menjadi guru pengganti untuk anak-anak. Jika biasanya kegiatan belajar mengajar dilakukan di sekolah, maka selama pandemi Corona kegiatan belajar harus dilakukan di rumah untuk mencegah penyebaran virus yang semakin luas.

Setiap orang tua diharapkan bisa menjadi guru bagi anak-anak selama kegiatan belajar di rumah. Para orang tua juga diharapkan bisa menciptakan suasana belajar mengajar yang lebih menyenangkan sehingga anak tetap semangat belajar dan merasa betah di rumah.

3.     Perluas Akses Bermainnya

Selain melakukan kegiatan bersama anak, Anda juga bisa memperluas akses mainan anak selama di rumah. Jika biasanya tempat bermain mereka hanya di kamar atau di dalam rumah saja. Maka tidak ada salahnya untuk mengajak anak-anak bermain di halaman rumah. Anda bisa mengajak mereka menikmati masa liburan dengan berbagai kegiatan baru, misalnya saja seperti berkebun, membersihkan halaman rumah, merapikan rumput, menanam bunga, dan lain-lain.

4.     Ciptakan Ide Permainan Baru

Jika anak mulai bosan dengan aktivitas di rumah, maka para orang tua harus bisa menciptakan ide-ide permainan baru agar mereka tetap betah di rumah saja selama pandemi Corona. Cobalah untuk menciptakan permainan baru yang lebih seru dan dapat dilakukan secara bersama-sama, misalnya saja membuat lintasan mobil-mobilan, bermain bola dengan lintasan baru, mencocokan gambar dengan angka, melempar bola ke dalam ember, bermain boneka, dan lain sebagainya. Anda bisa membuat permainan sendiri agar anak tetap happy dan betah di rumah.

5.     Menonton Film Edukasi Bersama Anak

Selama libur sekolah terus diperpanjang, jangan sampai anak-anak merasa bosan dan tidak betah di rumah. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak selama pandemi Corona berlangsung, misalnya saja menonton film edukasi bersama. Film edukasi bukan hanya mengasah motorik dan wawasan anak, melainkan kegiatan ini juga bisa mengisi waktu luang mereka selama di belajar di rumah. Pilihlah film-film dengan tema edukasi sesuai usia anak agar mereka semakin betah di rumah.

6.     Mendesain Kamar Anak dengan Tampilan Baru

Agar anak memiliki kegiatan baru yang bisa mereka lakukan selain belajar dan bermain di rumah. Para orang tua bisa menciptakan kegiatan baru yang melibatkan anak-anak, misalnya saja dengan mendesain kamar anak dengan tampilan baru. Selain menyenangkan, anak-anak juga bisa mendesain kamarnya sendiri dengan gambar-gambar favorit mereka. Biarkan mereka berkreasi dengan imajinasinya yang dituangkan dalam desain kamar mereka.

7.     Membuat Taman Baru di Rumah

Jika biasanya aktivitas Anda dan anak-anak lebih banyak dihabiskan diluar rumah pada masa liburan. Maka selama pandemi Corona semua aktivitas yang biasanya bisa dilakukan diluar rumah kini tidak bisa lagi dilakukan. Namun jangan kuatir, Anda bisa menciptakan kegiatan baru bersama anak-anak agar mereka semakin betah di rumah. Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat taman baru di rumah.

Tidak perlu membuat taman dengan desain yang rumit, cukup buat yang sederhana asalkan anak-anak mau ikut serta di dalamnya. Anda bisa membuat taman baru di belakang rumah agar anak-anak bisa berkebun dengan menyenangkan. Tambah kolam kecil untuk menaruh ikan agar mereka semakin suka dengan kegiatan berkebun semacam ini.

8.     Coba Bermain Permainan Tradisional

Meskipun anak zaman sekarang lebih suka bermain gadget dan menonton TV, bukan berarti permainan tradisional tidak bisa dicoba. Meskipun keberadaannya semakin dilupakan, namun Anda bisa mengajak anak-anak untuk kenikmati berbagai permainan tradisional zaman dulu, seperti lompat tali, bermain congkak, kelereng, gobak sodor, membuat boneka atau orang-orangan dari tanah liat, dan lain sebagainya. Permainan-permainan ini akan lebih seru jika dilakukan secara bersama-sama.

9.     Memasak Bersama

Anak-anak pasti menyukai kegiatan yang satu ini. Dimana Anda bisa mengajak mereka untuk ikut serta dalam kegiatan masak-memasak. Orang tua khususnya para ibu bisa membuat kreasi menu baru yang disukai anak, misalnya saja seperti membuat kue, puding, atau makanan ringan lainnya.

10.Bermain Musik, Menari atau Melukis

Sebenarnya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan agar anak tetap betah di rumah. Salah satunya adalah bermain musik, menari, atau melukis. Kegiatan ini selain bisa mengisi waktu libur mereka juga bisa mengasah bakat yang dimiliki anak. Sediakan fasilitas agar kegiatan bermain musik, menari, atau melukis jadi lebih menyenangkan.

Meskipun ada pembatasan sosial, bukan berarti kegiatan di rumah jadi membosankan. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak agar mereka tidak merasa bosan dan tetap betah di rumah saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *