Solusi “Tidak Bisa Terhubung Kekamera” Di Android

Pesan  “Tidak bisa terhubung ke kamera” ditampilkan ketika ada problem saat mencoba mengakses kamera ponsel Handphone atau tablet Android Anda,dan semakin banyak saja pengguna yang mengalami kasus ini.

 

Tidak gampang untuk mencari sumber masalahnya. Ini mungkin problem perangkat lunak atau masalahnya mungkin di perangkat keras. Jadi, tidak bisa hanya satu solusi untuk mengatasi problem ini.

Dimulai dengan problem yang dihadapi: Ketika Anda mencoba mengakses kamera Android, Anda mendapat layar kosong dengan ikon kamera di tengahnya. Setelah beberapa ketika Anda mendapat pesan kesalahan.

Saya terbiasa menghadapi problem ini di Nexus 6P saya adakala tetapi frekuensi itu meningkat dan kini saya hanya sanggup memakai kamera satu kali sehabis restart. Setelah saya keluar atau keluar dari aplikasi kamera dan kemudian mencoba mengambil lebih banyak foto, itu tidak berfungsi. Beberapa orang mengeluh bahwa mereka mendapat kesalahan ketika mereka mencoba merekam video 240p lambat di ponsel Nexus mereka.

Berikut ini aneka macam hal yang sanggup Anda coba perbaiki kesalahan “Tidak sanggup terhubung ke kamera” di ponsel Android Anda:

1. Perbaikan Tingkat Dasar

A) Perbaikan Sederhana: Mulai ulang

Pengguna telah melaporkan bahwa kamera mereka berfungsi sehabis restart. Bagi beberapa orang, sejumlah restart menghasilkan kerja kamera. Jadi, hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika ada jeda adalah: Untuk mematikannya dan menghidupkan lagi .

B) Mulai ulang dalam Mode Aman

Android mempunyai fitur “Safe Mode”, yang berarti Anda me-restart telepon dan menyalakannya ketika hanya menciptakan aplikasi dasar dan fitur yang tersedia. Ini sangat elok untuk mengatasi problem sebab aplikasi yang diunduh dinonaktifkan dan Anda akan sanggup memilih apakah bahwasanya ada konflik antara aneka macam pihak ketiga dan aplikasi sistem yang mempunyai izin untuk memakai kamera.

Untuk memulai ulang dalam mode aman:

  • Tahan tombol daya sampai sajian shutdown ditampilkan.
  • Ketuk dan tahan opsi Matikan daya selama beberapa detik.
  • Konfirmasikan bahwa Anda ingin Reboot ke mode aman .

Saat Anda memulai dalam mode Aman, terusan aplikasi kamera sistem. Ambil beberapa gambar bila memungkinkan Anda untuk kemudian keluar dari aplikasi. Akses lagi dan lihat apakah masih berfungsi. Jika memang aplikasi kamera berfungsi dalam mode aman, maka Anda telah mempersempit penyebabnya menjadi aplikasi pihak ketiga yang bertentangan yang tidak mengizinkan aplikasi lain untuk mengakses kamera.

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah:

C) Hapus Aplikasi Pihak Ketiga yang Bertentangan

Coba hapus aplikasi yang Anda berikan terusan ke kamera. Ini yaitu aplikasi yang sanggup mengambil gambar. Misalnya: Snapchat, Whatsapp, dll. Yang sanggup Anda gunakan untuk mengambil foto eksklusif dari dalam aplikasi dan membagikannya. Hapus instalasi aplikasi tersebut satu per satu dan coba terusan aplikasi kamera sistem Anda.

Jika pesan kesalahan tidak sanggup terhubung ke kamera sepertinya pergi dan Anda sanggup memakai kamera dengan mudah, maka masalahnya hilang. Jangan lupa untuk beralih antara video, panorama, dan mode lainnya ketika menguji.

D) Coba Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Jika aplikasi kamera Anda yaitu satu-satunya yang memberi Anda kesalahan aksesibilitas, maka Anda juga sanggup mencoba aplikasi kamera pihak ketiga lainnya. Ada banyak sekali di luar sana di Play Store. Buka pasar aplikasi dan cari “Kamera”.

Coba aplikasi terkenal yang bisa didapatkan diPlay Store,seperti :

(1) Candy Camera,

(2) Open Camera,

(3) Camera 360,

(4) Camera MX 

(5) Camera for Android.

Jika mereka bekerja maka Anda telah mempersempit problem ke aplikasi kamera resmi Anda. Buka Pengaturan Android Anda > Aplikasi dan temukan Kamera. Hapus pembaruan untuk itu (jika ada opsi untuk melakukannya), kosongkan cache dan data, paksa menghentikan aplikasi, instal ulang pembaruan dan coba lagi. Jika Anda tidak tahu di mana opsi ini, ikuti langkah-langkah di bawah judul berikutnya.

2. Perbaikan Tingkat Sedang

Ini yaitu langkah umum yang kami ikuti ketika aplikasi menyampaikan kesalahan. Lakukan semua ini dan paksa hentikan aplikasi, geser dari daftar aplikasi terakhir atau mulai ulang aplikasi sebelum mencoba lagi. Langkah-langkah ini menghapus gosip yang disimpan oleh aplikasi. Mereka tidak akan menghapus foto yang Anda simpan.

A) Menghapus Data Cache dan Penghapusan Aplikasi

  • Kunjungi Pengaturan Android.
  • Klik Aplikasi (biasanya di bawah perangkat)
  • Temukan aplikasi Kamera dan ketuk di atasnya.
  • Ketuk Clear Cache dan Clear Data dan konfirmasikan tindakan Anda.
  • Restart telepon atau paksa berhenti dan nonaktifkan aktifkan kamera sebelum mencoba lagi.

B) Menghapus dan menginstal ulang Pembaruan

Kunjungi pengaturan aplikasi yang sama menyerupai yang ditunjukkan pada langkah-langkah di atas dan bila ini menyampaikan opsi untuk menghapus pembaruan, lakukanlah. Tetapi ingat bahwa Anda sebaiknya tidak memakai versi aplikasi lama, jadi kunjungi Play Store untuk meningkatkannya sekali lagi.

C) Periksa Izin (Android Marshmallow)

Android Marshmallow mempunyai sistem izin berbasis aplikasi terperinci. Anda perlu mengkonfirmasi bahwa aplikasi kamera Anda diberi izin untuk mengakses kamera. Biasanya, bila tidak mempunyai izin yang diharapkan maka itu meminta mereka ketika peluncuran.

  • Kunjungi pengaturan aplikasi dan ketuk pada Kamera .
  • Ketuk Izin .
  • Konfirmasikan bahwa penggeser izin kamera mengarah ke kanan. Anda sanggup mematikannya dan menghidupkan kembali.

3. Perbaikan Tingkat Lanjut

Perbaikan ini akan menghapus seluruh ponsel Android Anda. Jadi, pastikan untuk mencadangkan semuanya. Simpan foto Anda, gosip akun Anda, dan buat cadangan aplikasi di akun Google Anda. Ini akan dipasang kembali sehabis Anda menambahkan akun Google yang sama ke perangkat Anda.

A) Hapus Partisi Cache

Opsi pemulihan ini untuk membersihkan data sistem sementara yang sanggup mengacaukan aneka macam hal dan menjadi usang. Ini juga membersihkan semua file yang tersisa dari upgrade sistem Anda. Pilihan ini tersedia dalam mode Pemulihan yang sanggup diakses sehabis Anda me-restart telepon ke bootloader .

Untuk menghapus partisi cache:

  • Matikan perangkat.
  • Pegang volume ke bawah + tombol daya untuk memulai telepon.

Anda akan melihat robot Android dalam pemeliharaan.

  • Gunakan tombol volume untuk menavigasi ke mode Recovery .
  • Tekan tombol daya untuk masuk.
  • Tekan dan tahan tombol daya kemudian tekan tombol volume naik.
  • Temukan opsi yang menyampaikan hapus partisi cache memakai tombol volume dan tekan tombol daya untuk melaksanakan tindakan.
Lebih detail untuk reboot ke Recovery Mode .
 

Setelah berhasil, reboot ponsel Anda dan coba aplikasi kamera lagi. Harap dicatat bahwa di perangkat Anda mungkin ada beberapa kombinasi lain untuk mengakses mode pemeliharaan dan pemulihan.

B) Setel Ulang Pabrik

Setel ulang pabrik yaitu pilihan terakhir Anda tetapi bila tidak ada yang berhasil, Anda harus melakukannya. Ini menghapus segala sesuatu dari ponsel Anda dan Anda akan mendapat perangkat higienis yang membutuhkan wizard pengaturan ponsel gres untuk diselesaikan. Jadi, back up mutlak diperlukan.

Berikut yaitu dua metode untuk mengembalikan ponsel Anda ke setelan pabrik:

Metode I: Dari Menu Pemulihan

  • Matikan ponsel Android Anda.
  • Tekan volume turun bersama dengan tombol daya untuk memulai telepon Anda.

Anda akan melihat maskot Android di punggungnya.

  • Arahkan ke opsi yang menyatakan Pabrik atau Penyetelan Ulang Pabrik dan gunakan tombol daya untuk mengonfirmasi.

Metode II: Dari Pengaturan Sistem

  • Navigasikan ke Pengaturan Android.
  • Di bawah Personal go to Backup & reset .
  • Ketuk Reset data pabrik .
  • Konfirmasikan tindakan Anda.

Jika semua metode ini tidak berfungsi maka masalahnya mungkin di perangkat keras. Anda sanggup mengirim telepon kembali ke penjual Anda bila Anda masih dalam masa garansi. Jika tidak, pilih toko perbaikan perangkat keras tepercaya dan mereka mungkin sanggup memperbaikinya. Jika Anda masih belum yakin bahwa ini yaitu problem perangkat keras, maka Anda sanggup menunggu pembaruan sistem yang mungkin sedang berjalan.